Rumah Dakwah PRM Duren Seribu Bojongsari Kota Depok



Baru seminggu berlalu perhelatan Muktamar Muhammadiyah di Solo, sebuah Ranting Muhammadiyah kembali mencatatkan satu tonggak sejarah yang tak kalah membanggakan. Berlokasi di ujung paling barat Kota Depok, Jawa Barat, PRM Duren Seribu, yang baru berusia 1 tahun (berdiri 18 Nopember 2021), pada hari Ahad 27 Nopember 2022 meresmikan Rumah Dakwah Muhammadiyah berlantai dua.

Berdiri di atas tanah 60 meter persegi, wakaf salah seorang warga Muhammadiyah, Rumah Dakwah Muhammadiyah ini akan menjadi pusat kegiatan Koperasi Syariah, Kajian Islam, Pemberdayaan Masyarakat, serta Training Centre.

“Ini sih Gedung, bukan rumah. Cuma karena kerendahan hati Pimpinan Ranting saja tetap disebut Rumah Dakwah. Kualitas dan kemegahannya, sudah setara gedung”, demikian ungkapan Ketua PDM Kota Depok KH. Idrus Yahya saat memberikan sambutan. Lurah Duren Seribu Lahmudin, S. Pd., yang juga kader Muhammadiyah, menyampaikan rasa takjubnya atas kecepatan penyelesaian Rumah Dakwah Muhammadiyah, yang terletak di Blok A 1 No. 46 Sawangan Elok, Duren Seribu, Bojongsari, Depok. “Luar biasa, saya takjub sekaligus terharu, hanya dalam waktu 3 bulan gedung 2 lantai ini selesai dibangun dengan desain yg keren dan berwibawa.”

Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Duren Seribu Bpk. Suharto dalam sambutannya menantang warga Muhammadiyah Duren Seribu dan Duren Mekar untuk tidak hanya berpuas diri dengan selesainya Rumah Dakwah Muhammadiyah ini. “Justru pertaruhan terbesarnya, adalah pada jumlah, variasi, dan mutu kegiatan serta manfaat nya bagi masyarakat banyak.”

Dihadiri oleh sekitar 82 orang tokoh masyarakat dan jamaah Muhammadiyah, acara peresmian berlangsung penuh khidmat dan dalam suasa kesederhanaan. Turut hadir Sekretaris PDM Depok Ust Ali Wartadinata, dan Dr. Muhtadin Tyas, salah seorang Ketua PDM Depok. Peresmian Rumah Dakwah Muhammadiyah juga ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua PDM Kota Depok, Lurah Duren Seribu dan Ketua PRM Duren Seribu.

Seabad Muhammadiyah melintasi zaman telah mengukir tonggak-tonggak sejarah yang monumental bagi Indonesia dan masyarakat global. PRM Duren Seribu, menurut Bpk Tohar Jumali, salah seorang pimpinan PRM Duren Seribu, mencoba menauladani perjalanan sejarah Muhammadiyah tersebut.

“Meski  baru setahun berdiri, PRM Duren Seribu mencoba menggerakan kegiatan dakwah di akar rumput sebagai wujud kontribusi kami di Ranting dalam ‘memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta’ dari sudut Kota Depok”. Selamat berdakwah.


(https://suaramuhammadiyah.id/2022/11/29/rumah-dakwah-muhammadiyah-prm-duren-seribu/)


EmoticonEmoticon